Saturday, May 23, 2020

Cara Download File Melalui Torrent




Pernah Mendengar kata Torrent?
Di dalam dunia maya, banyak sekali situs yang  menyediakan file dan bisa di unduh dengan memakai file torrent.
Apa itu torrent?

Dalam sebuah teknologi berbagi file yang disebut torrent, ada sebuah file bernama torrent yang berisi metadata yang menjelaskan dimana letak file dan dimana folder dibagikan, biasanya ada juga informasi jaringan yang membagikan dan berapa komputer yang ikut berbagi untuk file tersebut. Pada dasarnya file torrent ini berukuran kecil dan bertindak seperti pelacak untuk mendownload file yang sebenarnya. Extensi untuk file torrent biasanya .torrent. Dan untuk mendownload file torrent diperlukan software client uTorrent (untuk Windows) dan Transmission (untuk Mac OS dan Linux).

Itulah sedikit informasi tentang torrent, nah bagaimana cara kita buat mengunduh file dalam bentuk torrent??

Dalam hal ini yang perlu kita lakukan adalah dengan menginstall aplikasi untuk membuka file torrent tersebut, bisa dengan menginstall

utorrent, maupun

Nah setelah kalian meginstall salah satu dari aplikasi tersebut, cara paling mudah adalah kalian mencari file dengan eksistensi *.torrent dari sebuah situs dan mengunduhnya. File torrent biasanya tergolong kecil, kurang dari 1MB. Tetapi setelah kalian membuka dengan aplikasi utorrent/bittorent, maka file asli dari penyedia layanan P2P tersebut akan kelihatan di dalam aplikasi utorrent/bittorrent tersebut.

Taruhlah misalnya, kalian mengunduh file torrent dari situs penyedia film gratis ini.
Maka file yang kalian dapat berukuran sekitar 23Kb, tetapi setelah kalian membuka dengan aplikasi torrent/utorrent, maka film yang akan kalian unduh akan segera terlihat ukuran aslinya.

Setelah terbuka, maka yang kalian lakukan adalah menentukan tempat film tersebut akan disimpan di drive kalian. Dan kemudian tinggal menunggu saja sampai file tersebut selelsai ter unduh.

Sekian ilmu dari saya, banyak kurangnya silahkan berpendapat.

No comments:

Post a Comment