Sunday, May 17, 2020

Membedakan CPU Android ARM, ARM64, atau x86




Sebenarnya caranya cukup simple. Untuk melihat versi karnel ARM yang kalian gunakan caranya sangatlah mudah, yaitu silahkan download aplikasi bernama "CPU-Z" yang ada di Google Play Store. Sekedar informasi, CPU-Z ini selain bisa melihat versi ARM yang digunakan oleh ponsel, juga bisa melihat hampir semua informasi yang ada di dalam smartphone kalian.


Mulai dari kecepatan, core, clock speed CPU, Model ponsel, ukuran layar, kapasitas RAM, kapasitas penyimpanan, versi android, baterai, sensor dan masih banyak lagi.

Pertama download aplikasi CPU-Z dari google play

Kedua jalankan programnya, lalu lihat di tab "SYSTEM" bagian "Kernel Architecture" (lihat gambar di bawah)


Gambar dengan tanda warna orange di atas (armv8l) tidak menunjukkan versi arm secara langsung seperti pada umumnya (ARM, ARM64 atau x86). Nah untuk itu, kita perlu mengkonversinya kedalam versi ARM yang sesungguhnya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.
  1. ARM/ARM32 umumnya mempunyai kode ARMeabi atau ARMv7 atau versi dibawahnya.
  2. ARM64 biasanya bertuliskan ARM64, ARMv8, ARMv8l atau versi di atasnya.
  3. Arsitektur CPU x86 saya rasa sudah jelas yaitu x86 atau x86abi.
Sebagai catatan, cara di atas bisa digunakan untuk melihat jenis ARM untuk ponsel Samsung, Sony, HTC, Motorola, Asus, OPPO, Xiaomi, Vivo, Acer, Advan, Andromax, Huawei, Evercoss, Coolpad, Lenovo, Polytron, Mito, Nokia, Axioo dan smartphone android lainnya.

Mudah bukan?




No comments:

Post a Comment